Profil Sekolah

SDN Mojoroto 4 Kediri

Visi Kami

Secara umum, visi adalah serangkaian kata yang menunjukkan impian, harapan, cita-cita dari sekolah dengan pandangan yang jauh ke depan demi mencapai demi mencapai tujuan yang diinginkan. SD Negeri Mojoroto 4 Kota Kediri mengusung visi:

“Terwujudnya insan yang unggul dalam prestasi, beriman, cerdas, mandiri dan berwawasan global”

Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:.

  1. Pelajar sepanjang hayat, membentuk generasi yang memiliki motivasi untuk selalu belajar dan mengembangkan diri.
  2. Berkarakter, mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam aktualisasi
  3. Berpikir kritis, kemampuan seluruh warga sekolah memaknai keadaan yang dinamis dan selalu berubah dengan berbagai tantangan dan hambatan menjadi sebuah celah dalam mengembangkan diri untuk menemukan solusi yang tepat, bermanfaat dan sesuai dengan keadaan masa kini dan mempersiapkan masa
  4. Inovatif, adalah kemampuan siswa dalam menuangkan ide dan kreativitas mereka dalam penerapan yang sebenarnya.
  5. Berprestasi, sebagai hasil akhir dalam sebuah proses, prestasi merupakan tolak ukur sebuah proses. Prestasi tak hanya berkisar pada kemampuan kognitif dalam ajang prestatif saja namun lebih pada keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan bakat dan kecakapan hidup yang bermanfaat.
2022-08-07 (2)
2022-08-07

Misi Kami

Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Negeri Mojoroto 4 Kota Kediri menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pelaksanaan MBS.
  2. Melaksanakan pembelajaran PAKEM.
  3. Meningkatkan kegiatan Ekstrakurikuler (Seni, Olahraga, Agama).
  4. Melaksanakan hidup disiplin.
  5. Mewujudkan sikap peduli lingkungan.
0 +

Siswa

0 +

Guru

0 %

Lulusan Terbaik

0 +

Piagam Prestasi

Tujuan Kami

Tujuan yang diharapkan oleh SD Negeri Mojoroto 4 Kota Kediri dalam implementasi kurikulum sebagai   bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

Tujuan Jangka Pendek (1 tahun ke depan)

  1. Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan
  2. Melaksanakan program dan pembelajaran HOTs untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.
  3. Melaksanakan penilaian berbasis data, proporsional, realistis, valid, transparan dan akuntabel.
  4. Mengoptimalkan sarana    prasana    sekolah    untuk    menunjang    rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu
  5. Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan
  6. Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian
  7. Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di
  8. Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi
  9. Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.
  10. Mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah tercapai
  11.  

Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)

  1. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
  2. Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem
  3. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat
  4. Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada
  5. Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi
  6. Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya
  7. Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.
  8. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.
  9.  

Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)

  1. Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar
  3. Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi
  4. Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya
  5. Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta
  6. Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan
  7. Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang
  8. Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta
  9.  

Kompetensi Karakteristik Kekhasan Lulusan Sekolah

Sekolah sebagai tempat menempuh ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter generasi bangsa. Profil Pelajar Pancasila diharapkan mampu membentuk sumber daya manusia yang unggul sebagai pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Dalam pencapaian visi, misi dan tujuan sekolah, maka disusun kompetensi lulusan peserta didik SD Negeri Mojoroto 4 Kota Kediri sebagai alat ukur pencapaian kurikulum dan target pelaksanaan proses pembelajaran pelaksanaan kurikulum operasional SD Negeri Mojoroto 4 Kota Kediri.

Adapun kompetensi lulusan SD Negeri Mojoroto 4 Kota Kediri mempertimbangkan dimensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara berimbang sesuai capaian pembelajaran pada setiap fase di sekolah dasar, membentuk Profil Pelajar Pancasila, dan inovatif, tangguh dan memiliki kecakapan hidup yang dibutuhkan untuk masa depannya.

Berikut adalah kompetensi lulusan yang ingin dicapai SD Negeri Mojoroto 4 Kota Kediri :

  1. Memiliki perilaku yang menunjukkan akhlak
  2. Memiliki dan menjunjung nilai harmonisasi keragaman dan gotong
  3. Memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai dasar mengembangkan kecakapan hidup.
  4. Memiliki kemampuan bernalar kritis dan berkomunikasi
  5. Memiliki kreativitas, kemandirian dan inovatif dalam menjawab tantangan perkembangan
  6. Membentuk individu sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berpikir global dengan tetap menjunjung nilai budaya bangsa.

Adapun kriteria untuk kelulusan peserta didik dari SDN Mojoroto 4 Kota Kediri adalah sebagai berikut:

    1. menyelesaikan seluruh program pembelajaran,
    2. memiliki deskripsi sikap minimal baik sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan,
    3. lulus ujian sekolah,
    4. ditetapkan rapat pleno dewan guru dan kepala

Newsletter Kami

Silahkan berlangganan melalui email untuk mendapatkan info terbaru dari kami

Kontak

Useful Link

Waktu Sekolah

Copyright © 2024. All rights reserved by SDN Mojoroto 4 Kediri